Macam-Macam Metode Pembelajaran - Terhadap dasarnya guru merupakan satu orang pendidik. Pendidik yakni orang dewasa bersama segala kebolehan yg dimilikinya utk akan mengubah psikis & pola pikir anak didiknya dari tak tahu jadi tahu pun mendewasakan anak didiknya. Salah satu perihal yg mesti dilakukan oleh guru yakni bersama mengajar di kelas. Salah satu yg paling mutlak merupakan performance guru di kelas. Macam Mana satu orang guru mampu menguasai kondisi kelas maka tercipta suasana mencari ilmu yg menyenangkan. Bersama begitu guru mesti mengaplikasikan metode pembelajaran yg pas dgn karakteristik peserta didiknya.
Setiap kelas mampu barangkali memakai metode pembelajaran yg tidak serupa bersama kelas lain. Buat itu seseorang guru mesti sanggup mengaplikasikan bermacam metode pembelajaran. Disini aku dapat menuturkan macam-macam metode pembelajaran menurut Ns. Roymond H. Simamora, Meter.Kep yg mampu kita dipakai.
Macam-Macam Metode pembelajaran :
1. Metode Ceramah
Metode pembelajaran ceramah merupakan penerangan dengan cara lisan atas bahan pembelajaran terhadap sekelompok pendengar utk mencapai maksud pembelajaran tertentu dalam jumlah yg relatif gede. Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), lewat ceramah, sanggup diraih sekian banyak maksud. Dgn metode ceramah, guru mampu mendorong timbulnya menginspirasi bagi pendengarnya.
Gage & Berliner (1981 : 457), menyebut metode ceramah sesuai buat diperlukan dalam pembelajaran bersama ciri-ciri tertentu. Ceramah sesuai buat penyampaian bahan mempelajari yg berupa berita & bila bahan mempelajari tersebut sukar didapatkan.
2. Metode Diskusi
Metode pembelajaran diskusi yakni proses pelibatan dua orang peserta atau lebih utk berinteraksi saling bertukar pernyataan, & atau saling mempertahankan pernyataan dalam pemecahan masalah maka didapatkan kesepakatan diantara mereka. Pembelajaran yg memanfaatkan metode diskusi yaitu pembelajaran yg bersifat interaktif (Gagne dan Briggs. 1979 : 251).
Menurut Mc. Keachie-Kulik dari hasil penelitiannya, dibanding metode ceramah, metode diskusi bakal meningkatkan anak dalam pemahaman ide & keterampilan memecahkan masalah. Tapi dalam transformasi wawasan, pemakaian metode diskusi akhirnya lambat dibanding pemakaian ceramah. Maka metode ceramah lebih efektif buat meningkatkan kuantitas wawasan anak dari terhadap metode diskusi.
3. Metode Demonstrasi
Metode pembelajaran demontrasi yaitu metode pembelajaran yg amat sangat efektif buat meringankan peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti : Macam Mana trick mengaturnya? Gimana proses bekerjanya? Bagaimanakah proses mengerjakannya. Demonstrasi juga sebagai metode pembelajaran yaitu bilamana satu orang guru atau seseorang demonstrator (orang luar yg sengaja diminta) atau satu orang peserta didik memperlihatkan terhadap semua kelas sesuatau proses. Contohnya bekerjanya satu buah sarana pencuci automatis, trick menciptakan kue, & sebagainya.
Kelebihan Metode Demonstrasi :
a. Perhatian peserta didik bisa lebih dipusatkan.
b. Proses menuntut ilmu peserta didik lebih terarah kepada materi yg sedang dipelajari.
c. Pengalaman & kesan sbg hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri peserta didik.
Kelemahan metode Demonstrasi :
a. Peserta Didik kadang dikala sukar menyaksikan dgn terang benda yg diperagakan.
b. Tak seluruh benda bakal didemonstrasikan.
c. Sukar dimengerti apabila didemonstrasikan oleh pengajar yg kurang menguasai apa yg didemonstrasikan.
macam-macam metode pembelajaran
Macam-Macam Metode pembelajaran
4. Metode Ceramah Plus
Metode Pembelajaran Ceramah Plus merupakan metode pengajaran yg memakai lebih dari satu metode, merupakan metode ceramah yg dikombinasikan dgn metode yang lain. Ada tiga macam metode ceramah plus, diantaranya ialah :
a. Metode ceramah plus bertanya jawab & pekerjaan
b. Metode ceramah plus diskusi & pekerjaan
c. Metode ceramah plus demonstrasi & latihan (CPDL)
5. Metode Resitasi
Metode Pembelajaran Resitasi ialah satu buah metode pengajaran dgn mengharuskan peserta didik menciptakan resume dgn kalimat sendiri.
Kelebihan Metode Resitasi merupakan :
a. Wawasan yg diperoleh siswa dari hasil mencari ilmu sendiri dapat sanggup diingat lebih lama.
b. Peserta didik mempunyai kesempatan utk meningkatkan keberanian, inisiatif, bertanggung jawab & mandiri.
Kelemahan Metode Resitasi yakni :
a. Kadang disaat peserta didik melaksanakan penipuan adalah siswa cuma meniru hasil tugas orang lain tidak dengan ingin bersusah payah mengerjakan sendiri.
b. Kadang dikala pekerjaan dikerjakan oleh orang lain tidak dengan pengawasan.
c. Sukar memberikan pekerjaan yg memenuhi perbedaan individual.
6. Metode Eksperimental
Metode pembelajaran eksperimental yaitu satu buah trik pengelolaan pembelajaran di mana peserta didik jalankan kegiatan percobaan bersama mengalami & membuktikan sendiri sebuah yg dipelajarinya. Dalam metode ini peserta didik dikasih peluang buat mengalami sendiri atau laksanakan sendiri dgn mengikuti satu buah proses, mengamati sebuah obyek, menganalisis, membuktikan & menarik rangkuman sendiri menyangkut obyek yg dipelajarinya.
7. Metode Study Tour (Karya wisata)
Metode study tour Study tour (karya wisata) ialah metode mengajar dgn menggandeng siswa mengunjungi sebuah objek guna menambah area wawasan & kemudian siswa menciptakan laporan & mendiskusikan pun membukukan hasil kunjungan tersebut dgn didampingi oleh pendidik.
8. Metode Latihan Keterampilan
Metode latihan keterampilan (drill method) ialah sebuah metode mengajar bersama memberikan pelatihan keterampilan dengan cara berulang pada peserta didik, & mengajaknya segera ketempat latihan keterampilan buat menonton proses maksud, fungsi, kegunaan & manfaat sesuatu (misal : menciptakan tas dari mute). Metode latihan keterampilan ini bertujuan menempa etika atau pola yg automatic kepada peserta didik.
Baca juga: Tujuan Penilaian (Evaluasi) Belajar
9. Metode Pengajaran Beregu
Metode pembelajaran beregu yaitu satu buah metode mengajar di mana pendidiknya lebih dari seorang yg masing-masing memiliki pekerjaan.Rata-rata salah satu orang pendidik ditunjuk juga sebagai kordinator. Trick pengujiannya,tiap-tiap pendidik menciptakan soal, seterusnya digabung. Apabila ujian lisan sehingga setiapsiswa yg diuji mesti cepat berhadapan dgn team pendidik tersebut
10. Peer Theaching Method
Metode Peer Theaching sama pula bersama mengajar sesama kawan, adalah sebuah metode mengajar yg dibantu oleh temannya sendiri.
11. Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)
Metode problem solving (metode pemecahan masalah) bukan hanyasekadar metode mengajar, tapi serta adalah satu buah metode berpikir, sebabdalam problem solving akan memanfaatkan metode-metode yang lain yg dimulaidengan mencari data hingga terhadap menarik rangkuman.
Metode problem solving yaitu metode yg merangsang berfikir danmenggunakan pengetahuan tidak dengan menyaksikan mutu pernyataan yg diungkapkan olehsiswa. Seseorang guru mesti pandai-pandai merangsang siswanya buat mencobamengeluarkan opininya.
12. Project Method
Project Method yaitu metode perancangan yakni satu buah metode mengajar dgn meminta siswa membuat desain satu buah proyek yg bakal diteliti yang merupakan obyek kajian.
13. Taileren Method
Teileren Method adalah sebuah metode mengajar dgn memakai sebagian-sebagian,contohnya ayat per ayat setelah itu disambung lagi dgn ayat yang lain yg tentusaja tentang bersama masalahnya
14. Metode Global (ganze method)
Metode Global yakni sebuah metode mengajar di mana peserta didik disuruh membaca total materi, seterusnya peserta didik meresume apa yg bakal mereka serap atau ambil intisaridari materi tersebut.
Begitu macam-macam metode pembelajaran, Mudah-mudahan bakal jadi bahan acuan dalam menerapakan metode pembelajaran buat peserta didik.
Buku acuan : Simamora, Roymond H. (2009). BUKU AJAR PENDIDIKAN DALAM KEPERAWATAN. Jakarta : EGC