Konsep Penilaian Hasil Belajar Siswa

Pengertian Evaluasi, Pengukuran, Tes dan Penilaian (Assessment) - Tidak Sedikit orang mencampuradukkan pengertian antara evaluasi, pengukuran (measurement), tes, & penilaian (assessment), padahal keempatnya mempunyai pengertian yg tidak serupa. Evaluasi yakni gerakan identifikasi buat menyaksikan apakah sebuah acara yg sudah direncanakan sudah tercapai atau belum, bernilai atau tak, & akan pun buat menyaksikan tingkat efisiensi pelaksanaannya. Evaluasi berhubungan dgn ketentuan nilai (value judgement). Stufflebeam (Abin Syamsuddin Makmun, 1996) memengemukakan bahwa : educational evaluation is the process of delineating, obtaining,and providing useful, information for judging decision alternatif . Dari pandangan Stufflebeam, kita bakal menonton bahwa esensi dari evaluasi yaitu memberikan info bagi keperluan pengambilan ketetapan. Di sektor pendidikan, kita akan lakukan evaluasi kepada kurikulum baru, sebuah kebijakan pendidikan, sumber menuntut ilmu tertentu, atau etos kerja guru.

Baca juga: Tugas dan Wewenang Guru

Pengukuran (measurement) ialah proses pemberian angka atau bisnis mendapatkan deskripsi numerik dari sebuah tingkatan dimana satu orang peserta didik sudah mencapai karakteristik tertentu.

Penilaian (assessment) merupakan aplikasi beragam kiat & pemakaian beraneka fasilitas penilaian buat meraih berita berkaitan sejauh mana hasil mencari ilmu peserta didik atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kapabilitas) siswa. Penilaian menjawab pertanyaan berkaitan sebaik apa hasil atau prestasi mempelajari satu orang peserta didik.Hasil penilaian bakal berupa nilai kualitatif (opini naratif dalam kata-kata) & nilai kuantitatif (berupa angka). Pengukuran berhubungan bersama proses pencarian atau penentuan nilai kuantitatif tersebut.

Tes yaitu trik penilaian yg di desain & dilaksanakan pada peserta didik terhadap disaat & area tertentu juga dalam keadaan yg memenuhi syarat-syarat tertentu yg terang.

Konsep Penilaian Hasil Belajar Siswa

Dengan Cara husus, dalam konteks pembelajaran di kelas, penilaian dilakukan buat mengetahui kemajuan & hasil mempelajari peserta didik, mendiagnosa kesusahan mencari ilmu, memberikan umpan balik/perbaikan proses menggali ilmu mengajar, & penentuan kenaikan kelas. Lewat penilaian sanggup diperoleh berita yg akurat berkaitan penyelenggaraan pembelajaran & kesuksesan mempelajari peserta didik, guru, juga proses pembelajaran itu sendiri. Berdasarkan info itu, bisa dibuat ketentuan mengenai pembelajaran, kesusahan siswa & upaya bimbingan yg dipakai juga keberadaan kurikukulum itu sendiri.